ASMINDO

Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sejarah Asmindo

Dalam pasal 33 Undang – Undang Dasar 1945, selaku landasan konstitusional pembangunan di bidang ekonomi, menegaskan bahwa perekonomian Indonesia tersusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan untuk mewujudkan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran dan keadilan masyarakat. Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia disingkat Asmindo, berdasarkan demokrasi ekonomi harus mampu menjadi salah satu tonggak perekonomian nasional yang sehat dalam mewujudkan pemerataan, keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional. Asmindo sebagai salah satu asosiasi pelaku ekonomi nasional di sektor permebelan dan kerajinan, dalam arti seluas-luasnya, menyadari tanggung jawabnya untuk membina dan mengembangkan kerjasama yang serasi, mendorong pemerataan kesempatan berusaha
dan ikut serta melaksanakan pembangunan nasional di bidang ekonomi.


Pembinaan dan pengembangan kerjasama yang serasi dalam iklim usaha yang sehat harus didasarkan kepada prinsip keterkaitan antar para pelaku usaha, agar terjalin satu kerjasama yang saling menunjang dan saling menguntungkan. Atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan didorong oleh keinginan yang luhur dan ikhlas dari semua Pelaku Usaha Permebelan dan Kerajinan Indonesia, berdasarkan Undang – Undang No. 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, maka disusunlah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Asmindo untuk pertama kali berdasarkan kesepakatan dan mandat penuh dari Himpunan Pengusaha Rotan Indonesia (HPRI) dan Asosiasi Permebelan dan Hasil Kayu Indonesia (APHKI) yang diputuskan dan ditetapkan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa HPRI yang diselenggarakan pada Tanggal 10 Agustus Tahun 1988, di Surabaya dan dikukuhkan pada Tanggal 3 April Tahun 1989 di Jakarta.

Pengalaman Asmindo

1. Menjadi host dan tata display di pameran internasional mebel dan kerajinan JIFFINA 2016-2020.
2. Penyelenggara pameran SAXSPO 2019-2020.
3. Kuratorial ukm binaan kemenprind 2020 wilayah ngawi, bloro, solo, klaten, sukoharjo, dan jogja pada kepertaan pameran JIFFINA 2019-2020
4. Kurotorial pameran LHK nasional di hutan pinus mangunan dlm kunjungan presiden 2017.
4. Kuratorial ukm pameran TEI 2018 oleh kemenperind.
5. Pelatihan tata display pameran mebel dan kerajinan LSP Furnicraf Indonesia.

Visi Organisasi :
Visi ASMINDO adalah menjadikan Asmindo sebagai salah satu ujung tombak perekonomian nasional yang sehat dalam mewujudkan pemerataan dibidang industri mebel dan kerajinan di seluruh Indonesia, terbesar di kawasan regional dan terkemuka di dunia.

 

Misi Organisasi :
Misi ASMINDO adalah mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas pelaku usaha di bidang mebel dan kerajinan nasional guna menghasilkan produk yang mempunyai nilai produktivitas yang tinggi dan memiliki nilai tambah optimal sehingga membangun citra positif sebagai produsen mebel dan  erajinan di tingkat dunia serta memotivasi para anggota untuk membangun merek-merek lokal yang diterima di pasar dunia.


Asmindo bertujuan :
1. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan, kegiatan dan kepentingan pengusaha dibidang industri permebelan dan kerajinan Indonesia dalam rangka optimalisasi usaha mewujudkan kemakmuran bersama dan kesejahteraan rakyat.
2. Menciptakan dan mengembangkan iklim usaha yang kondusif untuk kelangsungan usaha industri permebelan dan kerajinan Nasional serta industri lainnya yang erat kaitannya dengan industri tersebut, guna meningkatkan keunggulan daya saing sebagai bangsapenghasil produk permebelan dan kerajinan yang diperhitungkan dunia.
3. Membantu kepentingan anggota mulai dari pengadaan bahan baku, pengolahan, pemasaran, promosi dan distribusi serta memberikan pendampingan advokasi.

Produk

Video

Produk ASMINDO

ASMINDO DIY

Jl. Sorogenen No. 09 Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.
Telp. 0274-2820676