196

galeri batik jawa

SEMANGAT RAMAH LINGKUNGAN LEWAT BATIK WARNA ALAM

UMKM UNGGULAN DIY

SEMANGAT RAMAH LINGKUNGAN LEWAT BATIK WARNA ALAM

Tumbuh di lingkungan keluarga pelestari batik memantik kecintaan
Mayasari Sekarlaranti pada wastra nusantara. Tahun 2000 perempuan yang kerap disapa Nita Kenzo ini memulai upaya penyelamatan batik tradisional
Jawa. Ia juga bertekad mengembalikan penggunaan pewarna alami ramah
lingkungan. Tahun 2007, keluarga Anita mendedikasikan rumah mereka demi misi mulia. Berdirilah Galeri Batik Jawa Indigo di pusat kota Yogyakarta. Tak
setengah-setengah, proses pewarnaan menggunakan bahan natural seluruhnya.

 

Pilihan jatuh pada penggunaan Indigofera tinctori sebagai pewarna utama. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tarum, nila, atau tom. Bahan ini begitu populer dan telah dimanfaatkan berabad-abad di berbagai belahan dunia. Tak salah bila ia dinobatkan sebagai “Warnanya raja, rajanya warna.”

 

 

Galeri Batik Jawa Indigo menggandeng perempuan pembatik dari berbagai desa di Yogyakarta dan daerah lain sepanjang pesisir Jawa untuk menyelamatkan ribuan motif batik tradisional, seperti nitik, sekar jagat, ceplok, lung-lungan, celeng  kewengen, dan lain sebagainya.

 

Untuk menjangkau semua kalangan, Galeri Batik Jawa Indigo mempersembahkan aneka koleksi premium siap pakai dengan desain kekinian. Berbagai pameran lokal dan internasional diikuti demi menebarkan semangat menjaga warisan negeri dan menyayangi bumi.

 

Produk

Silk Scarf

Dikalungkan di pundak atau dilingkarkan ke sekeliling leher, scarf seketika mempercantik penampilan Anda. Sutra nan ringan memancarkan impresi elegan. Kehalusan seratnya terasa sejuk, namun tetap hangat kala cuaca dingin. Motif kawung geometris menggambarkan kelopak bunga yang merekah ke empat arah, lambang harapan mulia bagi pemakainya.

BAHAN

Silk 100%

TEKNIK

Hand drawn batik
(S,L)
Hand stamped
batik (M)

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

S : 156 x 32 cm
M : 165 x 90 cm
L : 175 x 48 cm

HARGA

S : Rp650.000
M : Rp850.000
L : Rp1.550.000

Cotton-Rayon Scarf

Tarum, nila, atau tom; demikianlah sebutan indigo di nusantara. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh leluhur kita sebagai pewarna wastra, seperti tenun dan batik. Dengan corak biru natural, ragam klasik pun tampil dinamis dan elegan. Kupu-kupu yang beterbangan laksana lukisan keindahan alam tropis nan menyenangkan. Dilukis tangan, karya ini tampil personal tanpa tandingan.

BAHAN

Rayon cotton

TEKNIK

Hand drawn batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

175 x 60 cm

HARGA

Rp300.000

Cotton Shawl

Shawl atau selendang telah dipakai oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala. Fungsinya estetis sekaligus praktis, sebagai pemanis penampilan, pembungkus barang, atau gendongan si kecil. Dalam desain kekinian, Galeri Batik Jawa Indigo mempersembahkan selendang cantik yang dapat digunakan sebagai pelengkap busana (kain lilit) atau dekorasi interior. Ragamnya sangat variatif, baik simetris maupun asimetris. Sekar Jagat Kembang Kopi dalam gambar ini contohnya. Ia merekam keindahan flora nusantara dalam warna biru teduh yang tiada duanya.

BAHAN

Cotton 100%

TEKNIK

Hand drawn batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

180 x 25 cm

HARGA

Rp1.250.000 –
Rp3,750.000

Men Shirt

Motif Nitik Srengenge dan Semen Romo merupakan ragam hias batik klasik
peninggalan kerajaan Mataram. Nyaris semua perajin batik tradisional di Imogiri Yogyakarta mampu menggambar motif populer ini tanpa kesulitan. Dua ragam ini dipadankan dalam kemeja pria lengan pendek pas badan yang cocok untuk acara santai maupun formal. Sementara, ragam pola tunggal tersedia dalam kemeja lengan panjang. Batik klasik kini tampil kekinian.

BAHAN

Cotton 100%

TEKNIK

Hand draw bati

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

Short Sleeve Body Fit
(S,M,L,XL,XXL)
Long Sleeve Body Fit
(S,M,L,XL,XXL)

HARGA

Short Sleeve Body Fit
Rp750.000
Long Sleeve Body Fit
Rp950.000

Cushion

Sarung bantal eksotis ini mempersembahkan keelokan batik cap dan tulis. Ragam batik cap menggambarkan motif-motif geometris dan pola berulang, seperti kawung, nitik, poleng, slarak kandang, dan banyak lainnya. Sementara, motif populer celeng kewengen menjadi tema utama edisi batik tulis. Keduanya sama-sama berkualitas tinggi dan dikerjakan dengan teliti. Koleksi home décor premium ini tersaji dalam ukuran standar maupun sesuai permintaan.

BAHAN

Cotton 100%

TEKNIK

Hand drawn batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

40 x 40 cm
45 x 45 cm
50 x 50 cm

HARGA

Rp150.000
Rp200.000
Rp250.000

Table Runner

Tak hanya mencipta, Galeri Batik Jawa Indigo mengemban idealisme pelestarian lingkungan dan budaya. Penutup meja ini adalah bukti nyata. Dibuat dari kain tenun gedok berbahan serat kapas alam Tuban yang kini langka, ia menjadi wujud kepedulian pada kearifan nusantara. Celeng Kewengen salah satu motif tertua warisan era kerajaan Mataram diangkat sebagai pengingat kekayaan seni wastra. Ragam ini sederhana, namun sangat atraktif sebagai pemikat mata. Dari segala segi, karya ini 100% Indonesia asli.

BAHAN

Gedok weave

TEKNIK

Hand drawn batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

(M) 190 x 49 cm
(L) 290 x 50 cm
(XL) 308 x 53 cm

HARGA

(M) Rp1.250.000
(L) Rp2.250.000
(XL) Rp2.750.000

Wall Padding

Dengan kreativitas dan cita rasa seni, perca sisa tampil memesona. Potonganpotongan kain batik indigo aneka pola ditata sedemikian rupa hingga menarik mata. Tersedia dalam ukuran sesuai permintaan, karya seni permainan komposisi ini dapat dipasang sebagai panel dinding, pajangan berbingkai, atau sandaran tempat tidur. Lengkapi dengan kap lampu atau kain penghias dinding yang tak kalah unik. Miliki ruangan eksotis kaya makna.

BAHAN

Cotton 

TEKNIK

Hand drawn batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

Customizable

HARGA

By request

Bandana & Pocket Square

Untuk memenuhi kebutuhan pasar negaranegara empat musim, Galeri Batik Jawa Indigo Indigo memproduksi beragam produk fesyen, di antaranya bandana dan pocket square –sapu tangan penghias saku jas. Keduanya merupakan koleksi yang paling banyak digemari. Sebagai aksesori serbaguna, bandana sangat praktis untuk diikatkan di kepala, dikenakan di leher, atau dijadikan penghias tas. Tersedia dalam beragam motif unik, dua koleksi istimewa ini akan membantu Anda tampil bergaya.

BAHAN

Cotton

TEKNIK

Hand drawn and
hand stamped
batik

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

Bandana
40 x 40 cm
Pocket Square
30 x 30 cm

HARGA

Bandana
Rp150.000 – 250.000
Pocket Square
Rp125.000

Zero Waste Series

Semangat ramah lingkungan mendorong Galeri Batik Jawa Indigo memanfaatkan tiap jengkal kain yang telah dibuat sepenuh cinta. Pernak pernik artistik pun tercipta dari perca. Kalung, kipas, boneka mini, dompet, dan produk mungil lainnya mencerminkan upaya sejati melestarikan bumi. Inilah saatnya kecantikan berjalan selaras dengan alam.

BAHAN

Cotton 

TEKNIK

Handcrafted

PEWARNAAN

Natural indigo

UKURAN

Customizable

HARGA

Necklace
Rp150.000 – 395.000
Fan
Rp250.000 – 750.000

Minidoll
Rp75.000

KONTAK

+62274515268

Mustokoweni The Heritage Hotel Jl. AM Sangaji No.72, Jetis, Yogyakarta. Indonesia