Joglo Ayu Tenan

Jewelry & Artfabric MakerSpace

UMKM UNGGULAN DIY

RUANG KREATIF UNTUK SEMUA

Kolaborasi adalah kunci. Tahun 2007 Rahayu Dwiastuti mulai merajut mimpi tentang sebuah ruang berbagi.

 

Dilandasi cintanya kepada seni kerajinan, ketua Asosiasi Perajin Yogyakarta ini mendirikan joglo sebagai wadah perajin untuk berkumpul dan menularkan ilmu.

 

Di sini, perajin perempuan menekuni seni olah kain, logam, dan batuan alam; mewujudkan imaji dalam sebentuk perhiasan, busana, tas, dan benda-benda indah lainnya. Bercita-cita memberi manfaat sebesar-besarnya untuk sesama, Rahayu merangkul siapa pun. Wisatawan, warga pedesaan, kaum difabel, hingga civitas academica Nusantara dan mancanegara ia ajak berkolaborasi melalui pelatihan, program magang, dan pameran. Ia tekankan sisi ‘pengalaman’ untuk menghargai karya seni.

Penghargaan

2012
Femina Editor’s Choice Award 2012
2017
Best Winner Inacraft 2017: Best Textile, and Best of the Best Product
2018
Australia Short Term Award for Business Readiness in Jewelry Design 2018
2020
Good Design Indonesia 2020: Good Design Indonesia Product

Kekayaan tanah Jawa mulai dari flora, fauna, filosofi, hingga motif diterjemahkan ke dalam desain cantik dan bermakna. Metode-metode produksi pun selalu mengangkat semangat ramah lingkungan dan bersumber dari kearifan tradisi, seperti botanical print dan ikat celup. Tak heran produk-produk Joglo Ayu Tenan dicinta hingga mancanegara. Bernapaskan kewirausahaan sosial, penyintas autoimun Sindrom Guillaire-Barre ini selalu bergairah menyebarkan semangat berkarya dan berdaya. Kini Joglo Ayu Tenan Makerspace membuka diri pada kolaborasi lebih luas termasuk menampung gagasan untuk diwujudkan dalam produk seturut imajinasi mitra (customized products).

Produk

Tarissa Necklace

Natural Stones, Indian Sequins, Miyuki Beads, Pearls

9 X 12 cm
Rp750.000

Ampilan Dalem adalah benda-benda pusaka yang mengiringi Sultan Yogyakarta saat menghadiri upacara-upacara kerajaan. Lebih dari kelengkapan upacara, sebagian benda benda ini menyimbolkan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang raja. Sawung (ayam jantan) salah satunya. Satwa ini melambangkan keberanian. Karakter kuatnya mengajak kita berani melangkah meraih mimpi.

Dirrana Necklace

Natural Stones, Indian Sequins,
Miyuki Beads, Pearls.
9 X 12 cm
Rp750.000

Rusa si lincah dan bijaksana. Masih mengambil inspirasi dari benda pusaka Keraton Yogyakarta, tanduk rusa nan anggun diterjemahkan ke dalam desain kalung premium. Dikerjakan 100% dengan tangan, detail dan kerapiannya begitu mengagumkan. Pasangkan dengan tunik dan tonjolkan kelincahan langkah serta kebijaksanaan berpikir layaknya seorang pemimpin.

Mayura Necklace

Natural Stones, Indian Sequins, Miyuki Beads, Pearls
9 X 12 cm
Rp750.000

Pesona merak tak bisa diabaikan. Di Keraton Yogyakarta, burung dengan bulu berwarnawarni cemerlang ini melambangkan keindahan dan kewibawaan. Dibuat dengan teknik beads embroidery, kalung ini lebih dari sekadar perhiasan. Ia adalah karya seni sarat makna yang memancarkan keelokan pemakainya dalam suasana apa saja.

Aghnia Necklace

Natural Stones, Indian Sequins, Miyuki Beads, Pearls
9 X 12 cm
Rp750.000

Dalam Ampilan Dalem Keraton Yogyakarta, angsa mewakili sifat suci dan waspada. Di tangan-tangan perempuan perajin, fauna cantik ini menjadi inspirasi penciptaan perhiasan elok berkualitas premium. Kesan mewah pun terpancar, menguatkan karakter sang pemakai. Kenakan saat bersua dengan kolega, sebarkan aura positif yang lembut namun teguh.

Kanyana Necklace

Semi Precious Stones, Beads, Sequins, Pearls
18 X 12 cm
Rp1.500.000

Tradisi adalah rumah tempat kita merasa nyaman dan memiliki. Perempuan-perempuan Jawa yang setia menjaga tradisi tak ubahnya  penjaga rumah Nusantara. Tak hanya menyinarkan kecantikan, mereka juga memancarkan kebijaksanaan. Dinobatkan sebagai Femina Editor’s Choice dalam Inacraft 2012, kalung Kanyana memancarkan semangat dan keanggunan perempuan pelestari kekayaan budaya. Ini saatnya Anda bergabung dengan mereka, memelihara pusaka Indonesia.

Selarik Necklace

Beads, Copper
3 X 4 cm
Rp350.000

Lurik adalah motif kain tenun tradisional bergaris-garis. Bukan tanpa alasan surjan lurik yang bersahaja namun sarat kearifan lokal dipilih sebagai seragam abdi dalem
Keraton Yogyakarta. Disematkan pada kalung, motif ini menciptakan perhiasan elegan dengan sentuhan khas Jawa dalam gaya milenial. Kalungkan liontin unik Keraton Series ini dan bersiaplah mendapat pujian serta pertanyaan tentangnya. Ini saat Anda menjadi menjadi duta budaya.

Biron Necklace

Batik, Copper
3 cm X 4 cm
Rp250.000

Dinamisnya arsitektur kuno Kotagede dengan loronglorongnya tertuang manis dalam liontin kekinian. Tercetak dalam batik cap warna biru alami yang didapat dari tumbuhan indigo, kalung ini memancarkan kesan tenang dan anggun. Namun, bingkai tembaga berlapis emasnya menyerukan kegesitan jiwa muda. Pada suatu sore, saat meniti jalan jalan perkotaan, kalung ini akan
mengajak kembali mengenang kejayaan masa silam dan menjadikannya pijakan masa depan.

Tahtijana

Necklace and Earrings
Leather
4 x 4 cm / 8 x 8 cm
Rp350.000

Catur Gatra Tunggal adalah konsep pemerintahan yang berakar dari kebijaksanaan raja-raja Jawa. Ada empat elemen yang harus ada di pusat pemerintahan, yaitu keraton, alun-alun, mesjid, dan pasar. Semuanya harus berpadu harmonis menjadi kekuatan negara. Interpretasi filsafat luhur ini tertuang dalam kalung dan anting dinamis yang siap menemani Anda konsisten dan terarah dalam berkarya. Temukan pusat dan rentangkan gagasan ke berbagai penjuru.

Satmaka Earrings

Ketak Straw, Semi Precious Stones, Quality Beads .
5 x 5 cm
Rp185.000

Yogyakarta adalah mini Indonesia. Sejak dulu kota ini terbuka hingga menjadi tujuan pengembaraan pendatang, baik dari Nusantara maupun mancanegara. Kesahajaan warga dan akulturasi beragam budaya melahirkan keindahan yang sulit dilupakan. Lihatlah bagaimana serat alam ketak dari Lombok berpadu dengan batuan semi mulia dan manik-manik berkualitas. Keharmonisan. Itulah yang tercipta saat kita mengizinkan elemen alam dan interaksi manusia terjalin.

Fashion Show

Grebeg UMKM DIY 2020

Video

PRODUK JOGLO AYU TENAN

JOGLO AYU TENAN

SHOWROOM : Pogung Baru D-31 A, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Indonesia