PALEM CRAFT

Homedeco Naturally

UMKM UNGGULAN DIY

Jalinan Keindahan Alam dan Kreativitas Tanpa Batas.

Yang disajikan oleh alam dan diolah tangantangan berdedikasi pasti memancarkan keindahan dan keunikan. Inilah yang diyakini Deddy Effendy A, S.T. dan Firda Nurul Aini, S.E. saat memantapkan diri mendirikan Palem Craft pada 2003.

Mengambil semangat pohon palem yang tiap bagiannya bermaanfaat, UMKM dari Yogyakarta ini berfokus mencipta dekorasi rumah berbahan alami. Mengolah 100% bahan lokal, Palem Craft memberdayakan puluhan laki-laki dan perempuan yang sebagian tinggal di pedesaan.

Serat batang pisang, rumput rayung, bambu, ranting kayu, biji mahoni hingga kulit kerang –beberapa di antaranya limbah– dirangkai menjadi produk kriya bercita rasa seni, terutama dalam wujud bingkai cermin dan kap lampu. Desain eksklusif, kualitas premium, sertifikasi legalitas bahan, dan semangat menjaga lingkungan membuat Palem Craft tampil percaya diri. Ini terbukti dengan terpajangnya karya-karya indah mereka di berbagai galeri, resor, hotel, dan kediaman pribadi di dalam dan luar negeri, seperti Perancis, Belgia, Spanyol, Dubai, Lebanon, Singapura, Australia, Afrika Selatan, dan masih banyak lagi. 

Penghargaan

2004
The Best Stand INA Craft, April 2004 , Jakarta – Indonesia


2010
The Best Design Craft, Bale Mangu Award 2010, Jogjakarta –Indonesia


2011
Merit Prize in category CERAMIC, 2nd, Inacraft 2011


2013
Best Prize Natural Material Product, Inacraft 2013

 

2016
DEKOYA Award, DEKRANASDA Kota Yogyakarta, 1st Winner Inovasi Produk, 2016

Yang disajikan oleh alam dan diolah tangan-tangan berdedikasi pasti memancarkan keindahan dan keunikan.

Produk

Andamar Abaca

Abaca atau serat pisang manila (Musa textilis) dipilih Palem Craft karena bahan baku ini melimpah di nusantara. Serat khas ini belum banyak dimanfaatkan dan bisa menjadi pembeda di antara sekian banyak kerajinan dunia. Di tangan-tangan perajin yang terampil, serat alami ini menjelma menjadi benda kriya unik serta eksotis, seperti tudung lampu Andamar ini. Bermakna pelita, rumbai-rumbai alaminya akan membiaskan garis-garis cahaya lembut di rumah Anda.

Hanging Lamp 
Abaca
50 x 50 x 50 cm – 2 Kg
Rp700.000

Abaca

Kuat, ringan dan beralur indah. Inilah kelebihan kayu jati yang membuatnya menjadi bahan furnitur unggulan. Tampil dengan desain sederhana, kombinasi bentuk alami ranting jati dan serat abaca pada lampu tegak ini melahirkan kesan kokoh sekaligus lembut.

Standing Lamp with Wooden Legs
Teak Twigs, Abaca
50 x 50 x 160 cm – 6,5 Kg
Rp1.100.000

Table Lamp with Wooden Legs
Abaca
50 x 50 x 60 cm
Rp600.000

Dibuat dari limbah kayu, setiap produk dalam seri ini tampil eksklusif dan tak bisa disamai. Putih cerah kaki lampu yang berpadu elegan dengan aksen hitam rumbai abaca melahirkan kesan monokrom minimalis yang kuat. Letakkan di atas meja dan ciptakan keindahan natural di sudut ruang favorit
Anda.

Aruna rayung

Rayung atau gelagah tumbuh subur di daerah tropis. Rumput tinggi ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan sapu, pagar, atau pakan ternak. Namun, begitu diolah dengan energi kreatif malai-malai bunganya menjelma menjadi karya seni. Warnanya yang hijau-cokelat alami tampil indah apa adanya. Saat membungkus lampu, tesktur rayung akan menghasilkan butiran-butiran cahaya lembut nan romantis.

Hanging Lamp 

Rayung

50 x 50 x 60 cm

Rp500.000

Andaru abaca

Tampil dalam tiga ukuran, pola anyam unik Andaru akan membiaskan sinar indah dan hangat. Atensi pada detail adalah rahasia keistimewaan kap lampu ini. Bagian atasnya dibuat dari anyaman tangan yang rapi, sementara rumbainya tersusun dari serat abaca yang mengering alami. Pasang secara asimetris di ruang kesayangan, dan biarkan andaru – cahaya dan kebahagiaan— terpancar.

Hanging Lamp 

Abaca

50 x 50 x 50 cm (L)

Rp700.000

40 x 40 x 40 cm (M)

Rp500.000

33 x 33 x 30 cm (S)

Rp450.000

darana abaca

Abaca diambil dari batang-batang pisang khusus yang menghasilkan serat-serat ulet tak gampang patah, kuat namun lembut, dan panjangnya dua hingga tiga meter. Untuk memperoleh bahan terbaik, Palem Craft mendatangkan serat pisang manila dari Sulawesi, Padang, dan Aceh. Hasilnya sungguh sepadan, seperti terlihat dalam cermin ini. Darana yang bermakna konsentrasi pikiran akan membantu Anda berfokus pada kekuatan diri sekaligus kehalusan budi.

Mirror Frame

Abaca

90 x 90 x 4 cm

Rp650.000

buntara rayung with banana bark

Bukan tanpa alasan, Palem Craft memilih rayung sebagai bahan baku kriya mereka, terutama untuk tudung lampu dan bingkai cermin. Tanaman ini mudah dibudidayakan dan ramah lingkungan. Warna awalnya hijau, namun seiring waktu akan berubah menjadi kuning cokelat alami nan cantik. Cermin dan lampu tak lagi sebatas perabot fungsional, namun sebuah karya seni.

Mirror Frame

Rayung

130 x 130 x 4 cm

Rp650.000

borneonseries, sunken shape

Keelokan Borneo –Kalimantan—terangkum dalam cermin hias ini. Jumbai serat abaca mengingatkan kekayaan alam tropis yang melimpah. Anyaman tali yang terbuat dari pelintiran kulit batang pisang seolah menegaskan tradisi warisan nenek moyang. Alur yang melingkar konsentris membentuk ceruk tiga dimensi pada bingkai cermin ini akan mengarahkan fokus pandang. Aplikasi rangka besi membuatnya tampil kuat dan kokoh tapi tetap klasik. Fungsional sekaligus artistik.

Abaca Mirror 

Abaca
85 x 85 x 17 cm
Rp700.000

sunshine "papua series"

Rayung Mirror with

Gebang List 

Rayung
130 x 130 x 4 cm
Rp650.000

Terinspirasi dari hiasan kepala tradisional Papua, bingkai cermin unik ini akan membawa eksotika bumi Cendrawasih ke kediaman Anda. Berbentuk lingkaran, cermin ini cocok ditempatkan di mana saja. Pasang di foyer, ruang duduk, atau bahkan kamar mandi. Nikmati keindahan tropis dan kekayaan etnis Nusantara kapan saja.

Rayung Mirror with

Gebang List

Rayung
120 x 120 x 4 cm
Rp650.000

Laksana matahari terbit, juntai rayung ini seakan memompakan semangat dan keriangan menyambut hari. Anyaman batang pisang di lingkaran pusat memberi aksen tegas dan modern. Kombinasi sempurna antara unsur alam dan kreativitas manusia.

kesawa sunrise series

Bentuk ovalnya membuat cermin ini lebih pas untuk ruangan tinggi. Rangka besinya memberi kesan kokoh dan elegan. Namun, serat abaca dan jalinan tali dari gedebok pisang menawarkan kelembutan. Gradasi warna yang tercipta dari proses natural dan washing menghadirkan komposisi unik yang tak bisa diulang sama persis.

Abaca Oval Mirror 

Abaca
90 x 140 x 4 cm
Rp1.000.000

palawa sunrise

Abaca Mirror Frame

Abaca
80 x 80 x 5 cm
Rp700.000

Dalam bahasa Sansekerta, palawa berarti bersemi. Lihatlah spektrum warna tanah yang membingkai cermin ini. Terpasang di resorresor kelas dunia, cermin ini mungkin telah menyambut dan memesona ribuan petualang lewat imaji tentang eksotisme kepulauan yang bermandi matahari.

Abaca Banana Mirror Frame

Abaca
100 x 100 x 4 cm
Rp700.000

Kerajinan tangan selalu menjadi koleksi istimewa lantaran pengerjaannya yang menuntut kejelian. Palem Craft melibatkan perempuan-perempuan desa untuk mengerjakan anyaman di waktu luang selepas bekerja. Tambang pisang perak yang mempercantik cermin ini contohnya. Ia dijalin oleh tangan-tangan terampil yang tak hanya mencipta karya seni namun juga memuat misi sosial-pemberdayaan penduduk lokal.

gora

Keunikan desain ini terletak pada bentuk rangka sirkular sebagai simbol kesatuan yang sambung menyambung. Warna kontras emas-hitam membuat cermin ini cocok menjadi focal point atau pusat perhatian. Bila Anda menginginkan cermin yang tidak saja fungsional, namun juga dekoratif dan artsy, Gora bisa menjadi opsi.

Abaca Mirror Decoration

Abaca
80 x 80 x 4 cm
Rp650.000

darana sunrise

Seperti mahkota bunga bertumpuk, Darana Sunrise akan menghias ruang yang Anda pilih untuk bersantai bersama sahabat dan keluarga. Warna netralnya serasi dipadankan dengan perabot apa pun. Tumbuhkan kehangatan dan keakraban ke rumah Anda lewat masterpiece ini.

Abaca Mirror Frame

Abaca
70 x 70 x 4 cm
Rp500.000

Video

Produk PALEM CRAFT

CV. Palem Craft Jogja

Jl. KHA Dahlan no. 8 Yogyakarta Indonesia Telp. +62 274 545485