Showcase Premium Produk UMKM DIY di Gedung Heritage Bank Indonesia

Kantor Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BI DIY) menggelar Showcase Premium Produk UMKM DIY di Gedung Heritage Bank Indonesia, Yogyakarta, pada 24-26 Maret 2021. Lebih dari 20 UMKM binaan BI DIY dan binaan Mitra BI DIY terlibat dalam showcase mulai dari UMKM kain, kopi, coklat, serta produk kriya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 1, sebagai wujud nyata dukungan Bank Indonesia dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (GBWI).

Bank Indonesia akan terus mendorong penciptaan nilai tambah produk UMKM sehingga dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri, serta mampu meningkatkan daya saing dan meraih peluang ekspor produk UMKM. Bank Indonesia akan mendorong transformasi ragam karya UMKM Indonesia agar berkembang menjadi mahakarya dengan nilai tambah tinggi melalui proses kurasi oleh para ahli di bidangnya. Bersamaan dengan acara showcase tersebut, BI DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dekranasda DIY, ASMINDO DIY, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Yogya menggelar Kurasi UMKM DIY untuk memperkaya data dan informasi UMKM Potensi Ekspor dari DIY.

Kegiatan kurasi produk UMKM kali ini menghadirkan 3 (tiga) orang Kurator Profesional, yaitu: i) Mizan Allan De Neve, Kurator kategori craft.

Saat ini beliau menjabat sebagai Deputi Direktur Pusat Desain Nasional dan Honorary Member of Indonesia Product Design Association (ADPII), ii) Tee Dina Midiani, Kurator kategori fashion. Saat ini beliau menjabat sebagai Trend Forecasting Consultant for Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Advisory Board of Indonesian Fashion Chamber (IFC), Jakarta dan Steering Committee of IKKON (Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara), dan ii) Rima Rahima Sjoekri, Food Curator yang juga menjabat sebagai Co-Founder & Director Rasamasa dan Penulis Buku Senirasa: A Recipe Companion for Indonesian Cooking.

Total peserta yang akan mengikuti kurasi produk UMKM DIY sebanyak 69 UMKM, dengan rincian sebanyak 29 UMKM craft, 16 UMKM fashion dan 24 UMKM food.

Selain showcase fisik di Gedung Heritage Bank Indonesia Yogyakarta, masyarakat juga dapat membeli produk UMKM Yogyakarta secara online, dengan mengunjungi www.karyakreatifindonesia.co.id, lalu memilih menu katalog dan kontak UMKM pada website tersebut.  Masih dalam rangkaian KKI 2021, juga diselenggarakan pelatihan onboarding UMKM, coaching UMKM, talkshow, webinar  serta Bussiness Matching.
Rangkaian kegiatan KKI baik di Jakarta maupan 46 Kantor Perwakilan di Indonesia, termasuk di Yogyakarta diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para penggiat UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi agar terus menciptakan nilai tambah produk UMKM, yang unik dan memiliki daya pakai yang tinggi.  Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk terus menggunakan, mencintai, dan bangga terhadap produk-produk UMKM Indonesia.