203

wastraloka

NOSTALGIA dalam Pernak-Pernik Khas Nusantara

UMKM UNGGULAN DIY

NOSTALGIA dalam Pernak-Pernik Khas Nusantara

Eni Anjayani jatuh cinta pada keindahan motif-motif khas nusantara. Hasrat kuat untuk melestarikan warisan intelektual bangsa mendorongnya mendirikan Wastraloka pada 2014. Ingin menciptakan karya yang unik dan berbeda, Wastraloka menghadirkan aneka motif cantik di peranti rumah tangga yang kebanyakan bergaya kuno. Cangkir, ceret, hingga tenong ala masa lampau dihadirkan kembali dengan desain menarik. Pakem batik tetap dipertahankan demi menjaga autentisitas.

 

Konsep upcycle untuk menjaga kelestarian bumi diterapkan oleh Wastraloka dengan memanfaatkan material yang tertinggal dari produksi seperti besi, kayu, enamel dan lembaran kaleng sisa produksi pabrik kulkas.


Sentuhan lukis tangan artisan lokal mewartakan sejarah dan nostalgia untuk menginspirasi langkah kita hari ini, sementara, kualitas premium dan tampilan artistik membawa misi edukasi dan pelestarian budaya hingga ke mancanegara.

Penghargaan

2015
Femina Award Inacraft
Nominee best product kategori logam, Inacraft


2016
Best Innovator, Innovating Jogja


2018
Femina Award Inacraft
Best Booth Award Inacraft
Nominee best product for metal category,
Inacraft 2018


2019
Dekoya Award, The Rising Star 2019

Konsep upcycle untuk menjaga kelestarian bumi diterapkan oleh Wastraloka dengan memanfaatkan material yang tertinggal dari produksi seperti besi, kayu, enamel dan lembaran kaleng sisa produksi pabrik kulkas.

Produk

Tea Set Nostalgia

Batik Kopi Tutung

Enamel
31 x 22 x 17 cm – 3 Kg
Rp560.000

Motif batik kopi tutung atau kopi gosong merupakan kreasi perusahaan Batik Tiga Negeri yang dirintis keluarga Tjoa Giok Tjiam pada era 1900-an. Batik peranakan Tionghoa ini mengombinasi warna khas tiga daerah; Solo, Lasem, dan Pekalongan. Berhenti diproduksi pada 2014, keelokan motif dan kehalusan Batik Tiga Negeri berlanjut menjadi legenda. Wastraloka mengabadikan keindahan kopi tutung pada peranti minum teh kuno yang akan menghangatkan waktu santai Anda bersama keluarga.

Tin Kerupuk Warisan

Kerupuk adalah teman setia santapan Indonesia. Keberadaan penganan renyah ini konon telah tercatat dalam naskah Jawa kuno sebelum abad ke-10 Masehi. Wadah kerupuk kuno nan eksotis akan membawa kita dalam suasana nostalgia saat makan bersama. Lukisan sesuluran bunga-bunga menjadikannya penghias ruang memesona.

Tin
15 x 15 x 20 cm – 2 Kg
Rp480.000

Tenong

Tenong membawa memori akan jajanan tradisional nan lezat. Wadah bulat lebar bersusun ini diandalkan oleh para penjaja penganan keliling pada masa lampau. Konon, penjual tenongan muncul pada era kolonial Belanda, dimulai oleh pedagang Tiong Hoa yang menjajakan bakpau. Lambat laun ragam snoepen pun berkembang. Dalam bahasa Belanda, snoepen adalah kudapan teman minum teh atau kopi. Wastraloka memperkaya wadah legendaris ini dengan motif khas Indonesia. Ukurannya pun dibuat bervariasi. Tenong kecil dapat menjadi kemasan hantaran pada momen-momen spesial.

Tin
34 x 38 x 37 cm – 3 Kg
Rp600.000

Angkringan Tea Pot

Side Lamp

Angkringan; ‘kedai kopi’ khas Jogja ini merangkum kesederhanaan dan keakraban tanpa sekat. Tiga ceret yang menemani para pelanggan seakan menjadi sumber kehangatan untuk menemani obrolan. Lewat tangan-tangan kreatif artisan Wastraloka, penyaji minuman ini menjelma menjadi karya seni. Selain untuk dekorasi, ceret artistik ini juga dapat berfungsi sebagai lampu hias penyemarak ruang.

Tin
33 x 25 x 33 cm – 2 Kg
Rp800.000

Guci Wall Decor

Menginginkan hiasan dinding unik yang tak ada duanya? Guci ini bisa menjadi pilihan istimewa. Wadah multifungsi ini telah dimodifikasi menjadi setengah lingkaran hingga dapat dipasang di dinding dan menarik mata siapa pun jua. Batik yang dilukis tangan menjamin eksklusivitas tanpa tandingan. Ukuran pun bisa Anda sesuaikan menuruti selera dan luas ruang.

Tin
38 x 25 x 15 cm – 2 Kg
Rp530.000

Kenongo Pot

Kreativitas dan cita rasa seni dapat menyulap material sisa menjadi peranti berestetika tinggi. Pot kaleng ini adalah bukti. Material sisa produksi diolah menjadi wadah dengan banyak fungsi; tempat pensil, penyimpan pernik, atau media tanam cantik. Mengambil pola batik Banyumasan yang populer pada 1960-an, Kenongo Pot menyajikan aneka gambar flora dan fauna yang mengisahkan kekayaan hayati Pulau Jawa. Tarikan garis tegas dan lugas serta motif geometris menjadi cirinya. Demikian pula dengan warna tua kecokelatan dan hitam yang dominan. Lebih dari sekadar hiasan, Pot Kenongo adalah upaya melestarikan budaya Indonesia.

Tin
28 x 28 x 22 cm – 2 Kg
Rp450.000

Teko Oey Soe Tjoen

Tempat Lilin

Motif batik Oey Soe Tjoen atau OST telah mengharumkan Pekalongan sebagai sentra batik. Bercirikan goresan yang ditarik rapi dan isen-isen mendetail, motif ini menjadi mahakarya yang terkenal hingga ke penjuru dunia. Lewat tempat lilin ini, warisan OST diabadikan. Tempelkan ke dinding dan hadirkan suasana tenteram penuh kenangan di ruang favorit Anda.

Enamel
12 x 17 x 12 cm – 2 Kg
Rp420.000

Kayu Manis

Tray

Motif batik tribusono awalnya hanya dikenakan oleh kalangan bangsawan Solo dan Yogyakarta. Namun di kemudian hari, para saudagar di sekitar istana memodifikasinya. Cecek yang rapat melahirkan kesan berkelas, sementara warna sogan yang dominan mencitrakan keanggunan. Motif ini kini hadir dalam baki kayu yang mengisahkan selaksa cerita di meja makan Anda.

Wood
50 x 27 x 8 cm – 3 kg
Rp550.000

Priyangan Coaster

Coaster & Mug

Pilihan peranti minum teh konon dapat memengaruhi suasana hati. Kombinasi biru dan putih set mug enamel dan tatakan keramik ini mendatangkan rasa damai dan tenang. Sementara motif batik Priyangan memantik keceriaan. Luangkan waktu sejenak untuk menikmati teh hangat sembari menata hari. Siapa tahu gagasan cemerlang menghampiri.

Wood and enamel
12 x 25 x 14 cm – 1 Kg
Rp320.000

Jejari Wall Decor

Rotan merupakan salah satu hasil hutan Indonesia yang kaya manfaat. Lentur dan kuat, bahan alami ini menjadi idola para seniman kriya. Wastraloka menjalin batangbatang rotan dan memadankannya dengan batik bergambar kepulauan nusantara. Beragam motif batik klasik seperti kawung dan parang terekam di sana. Hasilnya adalah walldecor yang memesona.

Tin and rattan
diameter 70 cm – 3 Kg
Rp620.000

Video

PRODUK Wastraloka

wastraloka

Jl. Ring road timur, Dk Tegal Tandan RT 18, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Indonesia